Berakhir Disini

Aku menatap kosong bingkai foto yang menjelaskan bagaimana aku begitu bahagia. Menjelaskan bagaimana aku begitu menyayangkan semua perubahan yang terjadi sekarang. Bukan hanya tentang kisahku denganmu yang berubah, namun memori kita yang sedikit demi sedikit menjadi berubah. Semuanya berubah. Perubahan yang tak diinginkan bagiku. Begitu pula hatiku.

Aku tidak tahu kapan tepatnya, laki-laki yang selalu kudamba dan kucinta, berubah menjadi laki-laki yang bahkan aku tidak kenal siapa dia. Berjalan sendiri bukanlah hal mudah untukku mengingat sudah beberapa tahun belakangan, langkahku beriringan dengan langkahmu.

Kini, meskipun kamu tahu aku selalu dibelakangmu, mendukung apapun yang membuatmu begitu bersemangat. Aku tidak tahu aku adalah gadis bodoh yang rela begitu saja menghabiskan waktunya hanya untuk mengikuti bayang-bayangmu yang kini tinggal angan. Sudah berapa lama aku tidak merasakan angan tersebut didirimu?

Jangan tanya kenapa aku masih bertahan. Jangan tanya kenapa aku masih berdiri disampingmu, meskipun kau sudah berusaha keras berlari. Karna, walaupun kau menghujaniku dengan berbagai pertanyaan seperti itu, aku tetap diam. Membisu. Karna jawaban itu tidak ada di pikiranku. Tidak ada di otakku. Tapi ada di dalam hatiku.

Belah saja kalau kau perlu melihatnya. Aku rela kalau itu untukmu. Agar kau tahu apa penyebabnya. Apa alasannya aku memilih tinggal meskipun lara terus menerus menamparku. Meskipun perih terus menerus mengguyurku.

Sampai waktu yang menentukan kapan aku harus berhenti, disaat itulah aku melepaskanmu. Disitulah aku membiarkanmu melangkah pergi, tanpa air mata. Tanpa penyesalan. Dan tanpa lara.

Leave a Reply

